Penyakit Kanker Paru

Sebagian besar kanker paru-paru berasal dari sel-sel dalam paru-paru. Meski demikian, kanker paru-paru bisa juga berasal dari kanker di bagian tubuh lainnya yang menyebar ke paru-paru . Kanker paru-paru merupakan kanker yang paling sering dialami, baik pada pria maupun wanita. Kanker paru-paru juga merupakan penyebab utama dari kematian akibat kanker.

Jenis kanker paru-paru

Lebih dari 90%  kanker paru-paru berawal dari bronki. Bronki adalah saluran udara besar yang masuk ke paru-paru. Kanker ini disebut karsinoma bronkogenik, yang terdiri dari:
• Karsinoma sel skuamosa
• Karsinoma sel kecil atau karsinoma sel gandum
• Karsinoma sel besar
• Adenorkasinoma

Karsinoma sel alveolar berasal dari kantong udara (alveoli) paru-paru. Kanker ini sering menyerang lebih dari satu daerah di paru-paru . Berikut adalah tumor paru-paru yang jarang terjadi adalah:
• Adenoma (bisa ganas atau jinak)
• Hamartoma Kondromatus (jinak)
• Sarkoma (ganas)


Limfoma merupakan kanker sistem getah bening, yang bisa berasal dari paru-paru atau penyebaran dari orang lain. Banyak kanker yang berasal dari tempat lain menyebar ke paru-paru. Biasanya kanker ini berasal dari payudara, usu besar, prostat, ginjal, tiroid, lambung, leher rahim, rektum, buah zakar, tulang dan kulit.

Penyebab Kanker Paru-Paru

Merokok merupakan penyebab utama dari sekitar 90% kasus paru-paru pada pria dan sekitar 70% pada wanita. Semakin banyak rokok dihisap, semakin besar resiko untuk menderita kanker paru-paru.

Hanya sebagian kecil kanker paru-paru (sekiatar 10-15% pada pria dan 5% pada wanita) yang disebabkan oleh zat yang ditemui atau terhirup di tempat bekerja. Bekerja dengan asbes, radiasi, arsen, kromat, nikel, klorometileter, gas mustard dan pancaran oven arang bisa menyebabkan kanker paru-paru. Meskipun biasanya, hanya terjadi pada pekerja yang merokok. Peranan polusi udara sebagai penyebab kanker paru-paru masih belum pasti. Beberapa kasus terjadi karena adanya pemaparan oleh gas radon di hrumah tangga.

Kadang kanker paru (Terutama adenokarsimo dan karsinoma sel alveolar) terjadi pada orang yang paru-parunya telah memiliki jaringan perut karena penyakit paru-paru lainnya, seperti tuberkulosis dan fibrosis.

PENYEBARAN DALAM TUBUH

Kanker juga bisa tumbuh ke dalam jantung  dan menyebabkan:
• Irama jantung abnormal
• Pembesaran jantung
• Penimbunan cairan di kantong perikardial.

Kanker juga bisa tumbuh di sekitar vena kava superior. Penyumbatan vena ini menyebabkan darah mengalir kembali ke atas, yaitu ke dalam vena lainnya dari bagian tubuh sebelah atas:
• Vena di dinding dada akan membesar
• Wajah, leher dan dinding dada sebelah atas, termasuk payudara, akan membengkak dan tampak warna keunguan.

Keadaan ini juga menyebabkan ssak nafas, sakit kepala, gangguan penglihatan, pusing dan perasaan mengantuk. Gejala tersebut biasanya akan memburuk jika penderita membungkuk ke depan atau berbaring. Kanker paru-paru juga bisa menyebar melalui aliran darah menuju ke hati, otak, kelenjar adrenal dan tulang. Hal ini bisa terjadi pada stadium awal, terutama pada karsinoma sel kecil.

Kanker paru seringkali menyebabkan penimbunan cairan di sekitar paru-paru (efusi pleura), sehingga penderita mengalami sesak nafas. Jika kanker menyebar di dalam paru-paru, bisa terjadi sesak nafas yang hebat, kadar oksigen darah yang rendah dan gagal ginjal.


=====================================

>>> Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Membantu Menghambat Pertumbuhan Kanker/Tumor dan Memelihara Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Kanker Paru and tagged , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>